K ebijakan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, memindahkan, mengungkapkan dan melindungi informasi pribadi Anda yang dapat diidentifikasi yang diperoleh melalui Aplikasi kami (sebagaimana didefinisikan di bawah). Mohon Anda membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini kami berlakukan. Kebijakan Privasi ini adalah satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan Uang Elektronik Yourpay PT Rpay Finansial Digital Indonesia.

Keamanan Data

Kami memastikan bahwa Data-Data Anda yang dikumpulkan dan/atau terkumpul oleh Kami akan disimpan dengan aman. Kami akan menyimpan Data-Data Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Informasi yang kami

Pengumpulan Data dan Penggunaan Data

“Data(-Data)” yang Kami maksud terdiri dari Data Pribadi, Data Transaksi, dan Data Lainnya, sebagaimana didefinisikan pada poin-poin selanjutnya, selain itu, Kami akan menjelaskan bagaimana Kami akan mengumpulkan dan menggunakan Data-Data tersebut.

Data Pribadi
  1. “Data Diri”
  2. adalah setiap data, informasi, dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dapat mengidentifikasikan diri Anda, yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada, dan/atau melalui Aplikasi yang menyangkut informasi mengenai pribadi Anda, yang mencakup, antara lain; nama lengkap, nomor kartu identitas anda, tanggal lahir, alamat surat elektronik (e-mail), nomor telepon genggam (handphone), dan data lainnya yang tergolong sebagai data pribadi).

  3. Pengumpulan Data Pribadi
  4. Kami akan mengumpulkan Data Pribadi Anda pada saat Anda membuat Akun atau pada saat lainnya sebagaimana Kami mintakan kepada Anda apabila dibutuhkan dari waktu ke waktu. Pemberian Data Pribadi Anda bersifat sukarela. Namun, Kami sangat memerlukan Data Pribadi Anda agar dapat melaksanakan tujuan-tujuan penggunaan sebagaimana dimaksud dalam poin di bawah ini.

  5. Penggunaan Data Pribadi
  6. Kami akan menggunakan Data Pribadi Anda untuk:

    1. mengidenfitikasi penggunaan Anda atas Aplikasi, Akun, Uang Elektronik Yourpay, dan layanan-layanan Kami;

    2. menyediakan layanan-layanan Kami sesuai dengan yang Anda mintakan;

    3. memproses transaksi yang Anda mintakan;

    4. memproses dan mengelola Uang Elektronik Yourpay Anda; dan

    5. keperluan lainnya sepanjang penggunaan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Data Transaksi
  1. “Data Transaksi“
  2. adalah setiap data, informasi, dan/atau keterangan yang telah atau mungkin dikumpulkan, disimpan, digunakan dan/atau diproses oleh Kami dari waktu ke waktu, yang menyangkut informasi mengenai kegiatan transaksi Anda pada Aplikasi.

  3. Pengumpulan Data Transaksi
  4. Kami akan mengumpulkan Data Transaksi Anda setiap kali Anda melakukan transaksi melalui Aplikasi.

  5. Penggunaan Data Transaksi
  6. Kami akan menggunakan Data Transaksi Anda untuk; (a) mendeteksi terjadinya kecurangan ataupun fraud yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan transaksi, (b) menyusun rekaman pemanfaatan Aplikasi, (c) mendeteksi terjadinya kecurangan ataupun fraud yang mungkin terjadi dalam penggunaan Aplikasi ataupun layanan-layanan Kami lainnya dan (d) untuk keperluan lainnya sepanjang penggunaan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Data Lainnya
  1. “Data Lainnya
  2. adalah setiap data, informasi, dan/atau keterangan yang telah atau mungkin dikumpulkan, disimpan, digunakan dan/atau diproses oleh Kami dari waktu ke waktu, yang menyangkut informasi di luar informasi yang tercakup dalam definisi Data Pribadi dan Data Transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada; IP address, informasi lokasi, data perangkat Anda, (termasuk namun tidak terbatas pada; nomor IMEI, aplikasi-aplikasi yang telah dilekatkan pada perangkat Anda, serta file-file yang tersimpan di dalamnya), dan informasi terkait lainnya.

  3. Pengumpulan Data Lainnya
  4. Kami akan mengumpulkan Data Lainnya setiap kali Anda menggunakan Aplikasi ataupun melakukan akses terhadap Akun Anda pada Aplikasi.

  5. Penggunaan Data Secara Umum
  6. Kami akan menggunakan Data Lainnya untuk; (a) mendeteksi terjadinya kecurangan ataupun fraud yang mungkin terjadi dalam penggunaan Aplikasi ataupun layanan-layanan Kami lainnya, dan (b) untuk keperluan lainnya sepanjang penggunaan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  7. Penggunaan Data Lainnya
  8. Selain daripada tujuan-tujuan yang diuraikan pada poin-poin di atas, Kami akan menggunakan Data (baik Data Pribadi, Data Transaksi, dan Data Lainnya) untuk tujuan-tujuan sebagai berikut, antara lain untuk:

    1. urusan administrasi Akun Anda;

    2. pelaksanaan riset mengenai data demografis pengguna Aplikasi;

    3. mengembangkan, meningkatkan, dan menyediakan layanan-layanan Kami, Aplikasi, dan fitur-fitur di dalamnya;

    4. pengiriman informasi yang Kami anggap berguna untuk Anda termasuk informasi tentang layanan dari Kami (newsletter) setelah Anda memberikan persetujuan kepada Kami bahwa Anda tidak keberatan dihubungi mengenai layanan Kami;

    5. tujuan mendeteksi, mencegah, dan menemukan hal-hal yang dapat merugikan Kami dan Anda, seperti; tindakan kejahatan atau pidana;

    6. tujuan administratif internal, seperti; audit, analisis data, rekaman-rekaman dalam data base;

    7. berkomunikasi dengan Anda sehubungan dengan segala hal mengenai Aplikasi, layanan-layanan Kami, dan/atau fitur-fitur daripadanya;

    8. menjaga keselamatan, keamanan, dan keberlangsungan Aplikasi, layanan-layanan Kami, dan/atau fitur-fitur daripadanya;

    9. Kami agar Kami dapat mematuhi kewajiban Kami berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

    10. menentukan fitur-fitur yang tepat dan bermanfaat untuk Anda pada Aplikasi; dan

    11. keperluan lainnya sepanjang penggunaan tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Persetujuan Anda

Sehubungan dengan pengumpulan dan penggunaan Data sebagaimana diuraikan dalam poin-poin di atas dengan ini Anda menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) untuk mengumpulkan dan menggunakan Data untuk tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam poin-poin di atas.

Pencabutan Persetujuan

Jika anda ingin mencabut persetujuan yang Kami telah dapatkan dari Anda sehubungan dengan seluruh tujuan-tujuan penggunaan Data Anda sebagaimana diuraikan dalam poin-poin pada Kebijakan Privasi ini, mohon memberitahukan kepada Customer Care Kami melalui surat elektronik ke alamat [email protected] atau telepon ke (021) 50858608.

Pengungkapan Kepada Pihak Ketiga

Untuk tujuan pengembangan, peningkatan, perlindungan, ataupun perawatan Aplikasi dan layanan-layanan Kami lainnya, Kami terkadang diharuskan untuk mengungkapkan Data kepada pihak ketiga. Anda dengan ini menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) untuk mengungkapkan dan memberikan akses atas Data kepada pihak ketiga untuk tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam paragraf ini. Untuk menghindari keraguan, pihak ketiga sebagaimana dimaksud dalam paragraf ini dapat merupakan, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. perusahaan induk, afiliasi, dan anak perusahaan Kami;

  2. mitra Kami, termasuk pihak-pihak dengan siapa Kami bekerja sama untuk acara-acara, program-program dan kegiatan-kegiatan tertentu;

  3. perusahaan-perusahaan riset pemasaran, manajemen acara, sponsor, dan periklanan;

  4. penyedia layanan, termasuk penyedia layanan teknologi informasi (IT) untuk pekerjaan infrastruktur, perangkat lunak, dan pembangunan; dan

  5. penasihat profesional, auditor eksternal, penasihat hukum, keuangan, konsultan, dan lain-lain.

Sehubungan dengan pengungkapan Data kepada pihak ketiga untuk tujuan sebagaimana dimaksud dalam paragraf di atas Kami dengan ini menjamin bahwa Kami akan menjaga keamanan dan kerahasiaan dari Data-Data milik Anda yang Kami ungkapkan kepada pihak ketiga tersebut. Selain itu, Kami hanya akan mengungkapkan Data-Data yang relevan untuk diungkapkan kepada pihak ketiga tersebut sesuai dengan tujuan pengungkapannya dan Kami tidak akan mengungkapkan Data-Data milik Anda tanpa adanya suatu perjanjian kerahasiaan antara Kami dengan pihak ketiga yang menerima Data-Data tersebut.

Disamping itu, untuk tujuan lainnya, dalam hal-hal tertentu Kami dapat saja diwajibkan untuk mengungkapkan Data-Data Anda kepada institusi, instansi, lembaga, badan, ataupun pemerintah yang berwenang berdasarkan suatu peraturan perundang-undangan yang berlaku, surat perintah, surat keputusan, ataupun surat putusan, yang mana dalam hal demikian maka Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) untuk mengungkapkan Data kepada pihak-pihak tersebut. Data-Data Anda juga dapat diungkapkan kepada pihak ketiga apabila terdapat transaksi perusahaan, seperti; pembentukan perusahaan patungan, penjualan anak perusahaan atau divisi, penggabungan, konsolidasi, pengambilalihan, penjualan aset, ataupun likuidasi.

Permintaan Akses dan Koreksi Data Pribadi

Tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat meminta akses dan/atau meminta koreksi Data Pribadi Anda, dengan menghubungi Customer Care Kami melalui surat elektronik ke alamat [email protected] atau telepon ke (021) 50858608. Kami berhak menolak permintaan Anda untuk mengakses dan/atau membuat koreksi terhadap Data Pribadi Anda karena alasan yang dibenarkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tautan Ke Situs Pihak Ketiga

Aplikasi dan situs Kami dapat saja berisi tautan ke situs pihak ketiga. Kami tidak bertanggung jawab atas pengumpulan, penggunaan, pemeliharaan, pembagian, atau pengungkapan Data Pribadi Anda oleh pihak ketiga tersebut. Jika anda memberikan informasi langsung ke situs tersebut, kebijakan privasi dan ketentuan layanan di situs tersebut akan berlaku, dan Kami tidak bertanggung jawab atas kegiatan pengolahan informasi atau kebijakan privasi dari situs tersebut.

Data Pribadi dari Anak di Bawah Umur dan Individu Lainnya

Sebagai orang tua atau wali yang sah, mohon untuk tidak mengizinkan anak di bawah umur (di bawah 18 (delapan belas) tahun) yang berada dalam pengawasan Anda untuk memberikan data pribadi-nya kepada Kami. Jika data pribadi tersebut diberikan kepada Kami, Anda dengan ini menyetujui pemrosesan data pribadi anak di bawah umur tersebut dan secara pribadi menerima dan setuju untuk terikat oleh Kebijakan Privasi ini dan bertanggung jawab atas tindakannya.

Dalam keadaan tertentu, Anda mungkin memberikan data pribadi yang berkaitan dengan orang lain (seperti pasangan, anggota keluarga, atau teman Anda) dan dalam keadaan tersebut, Anda berarti mewakili dan menjamin bahwa Anda telah memiliki wewenang dan persetujuan dari pemilik data pribadi tersebut untuk memberikan data pribadi mereka kepada Kami untuk digunakan sesuai dengan tujuan-tujuan diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini.

Keakuratan Data Pribadi

Kami membutuhkan Data Pribadi Anda, salah satunya adalah untuk dapat melakukan pemrosesan transaksi. Oleh karena itu, Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami haruslah seakurat mungkin dan tidak menyesatkan. Selain itu, Anda harus memperbaharui dan memberitahukan kepada Kami apabila ada perubahan terhadap Data Pribadi Anda. Anda dengan ini membebaskan Kami dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim sehubungan dengan kegagalan pemrosesan transaksi pada Aplikasi yang disebabkan oleh ketidakakuratan Data Pribadi Anda yang Anda berikan kepada Kami.

Persetujuan Terhadap Kebijakan Privasi

Dengan berkomunikasi dengan Kami, menggunakan Aplikasi dan layanan-layanan Kami, ataupun menggunakan fitur-fitur dalam Aplikasi berarti Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui seluruh ketentuan yang terdapat dalam setiap poin pada Kebijakan Privasi ini.

Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) berhak untuk setiap saat mengubah, memperbarui, dan/atau menambahkan sebagian ataupun seluruh ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini. Dengan terus berkomunikasi dengan Kami, menggunakan Aplikasi dan layanan-layanan Kami, ataupun menggunakan fitur-fitur dalam Aplikasi berarti menandakan penerimaan Anda atas perubahan, pembaharuan, dan/atau penambahan yang Kami lakukan terhadap Kebijakan Privasi ini.

Akses Tidak Sah

Kami bertanggung jawab terhadap Data milik Anda (Data Pribadi, Data Transaksi, dan Data Lainnya) yang Kami kumpulkan dari Anda namun perlu diketahui Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan Data-Data Anda dengan tidak akan membiarkan pihak ketiga untuk dapat mengakses Data-Data Anda tanpa persetujuan dan sepengetahuan Anda. Sehubungan dengan hal ini, Kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan password dan/atau PIN Anda yang Anda buat dan gunakan untuk mengakses Data-Data Anda dimanapun Anda menyimpan Data-Data Anda, termasuk password dan/atau PIN untuk mengakses atau login Aplikasi Anda. Anda wajib memberitahukan kepada Kami apabila Anda yakin bahwa password dan/atau PIN Aplikasi Anda disalahgunakan oleh pihak ketiga.

Kewajiban Pernyataan dan Jaminan
  1. Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan, dan/atau Sistem (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh (download) software yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Sistem atau Aplikasi atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.

  2. Anda dilarang untuk menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi milik pihak manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja Sistem dan/atau Aplikasi.

  3. Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Aplikasi atau Akun serta dilarang untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami atau Penyedia Layanan.

  4. Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:

    1. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi syarat ini, Kami berhak untuk sewaktu-waktu untuk men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;

    2. Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan Akun serta untuk melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan;

    3. jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan;

    4. Anda telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan serta telah mengerti dan memahami seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;

    5. Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan rekening ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tidak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;

    6. Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Aplikasi atau Sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;

    7. Layanan, Aplikasi maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf c di atas;

    8. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, Akun dan/atau Security Code, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun kepada orang atau pihak manapun; dan

    9. dalam atau pada saat menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada.

  5. Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.

Pembatasan Tanggung Jawab
  1. Layanan disediakan dalam kondisi “as is” atau “apa adanya”. Kami dan bank (dalam beberapa fitur) tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan Layanan, Aplikasi dan/atau Sistem. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:

    1. penggunaan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;

    2. Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik hardware maupun software) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi;

    3. penyediaan Layanan maupun Aplikasi atau kelancaran ber-Transaksi atau penggunaan Akun akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;

    4. setiap data Transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam Sistem harus akurat atau terpercaya;

    5. kualitas Layanan atau Aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda; dan

    6. tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Sistem, Layanan dan/atau Aplikasi.

  2. Mengingat bahwa Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) hanya sebagai penyedia platform atas sebagian besar Layanan yang disediakan oleh Penyedia Layanan, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari Layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan Layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Penyedia Layanan.

  3. Anda mengetahui dan setuju bahwa Kami berhak untuk memblokir dan/atau menutup Akun dan rekening dan/atau layanan/fasilitas apabila: a.) Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan Akun atau Rekening dan/atau layanan/fasilitas Pengguna; b.) Pemegang atau Nasabah memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada Kami; c.) Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh Pemegang atau Nasabah.

  4. Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.

  5. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.

  6. Kami dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala Klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:

    1. kehilangan Data;

    2. kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya;

    3. kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Anda atas Aplikasi, Layanan dan/atau Akun atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Anda dalam menggunakan Layanan, Aplikasi dan/atau Akun; atau

    4. tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia), kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan yang disengaja atau kelalaian oleh Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia).

  7. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari segala Klaim dalam bentuk apapun dan dimanapun dalam hal Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan Transaksi maupun perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada (a) segala gangguan virus komputer, (b) sistem trojan horses, (c) komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun, (d) layanan atau jasa Internet Service Provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan, dan/atau (e) bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami.

  8. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh Klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:

    1. penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;

    2. pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi ini yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;

    3. penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.

  9. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim sebagaimana dimaksud butir 6, 8 dan 9 di atas (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).

  10. Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.

  11. Setelah kejadian yang menyebabkan Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) dan/atau rekanannya tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pemegang atau Nasabah berakhir, maka Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) dan/atau rekanannya akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.

  12. Sebagai Pengguna, pemilik Akun, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi yang Anda gunakan untuk login dan mengakses Akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan Akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.

Hak Kekayaan Intelektual
  1. Seluruh Sistem dan Aplikasi termasuk tetapi tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi Anda; (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi.

  2. Anda dilarang untuk dengan cara apapun dan dalam kondisi apapun menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik Kami sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.

Masa Berlaku dan Pengakhiran
  1. Perjanjian ini berlaku selama Anda belum melakukan penutupan Akun dan Uang Elektronik Yourpay.

  2. Kami berhak untuk (i) tidak melaksanakan perintah dari Anda, (ii) tidak melanjutkan atau tidak meneruskan atau membatasi Transaksi, (iii) menghentikan, menangguhkan atau men-nonaktifkan penggunaan Akun, Layanan atau Aplikasi, dan/atau (iv) menghentikan atau menangguhkan keanggotaan Anda sebagai pengguna Aplikasi, dimana untuk masing-masing kondisi tersebut di atas baik untuk sementara waktu, untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih kondisi di bawah ini:

    1. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Kami mengetahui atau menduga telah atau akan terjadi atau dilakukan penggunaan Akun, Security Code, Aplikasi dan/atau Layanan untuk tujuan penipuan, tujuan kriminal, aksi kejahatan dan/atau untuk tujuan, alasan, aksi atau aktifitas lainnya yang melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan negara Republik Indonesia maupun negara lain;

    2. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri (a) Kami mengetahui atau menduga terjadi Transaksi yang tidak wajar, dan/atau (b) jumlah Transaksi dengan menggunakan atau melalui Akun dan/atau Security Code dalam satu hari melebihi jumlah atau tingkat kewajaran Transaksi, masing-masing sebagaimana ditentukan oleh Kami;

    3. berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri, Anda telah melanggar satu atau lebih Syarat dan Ketentuan;

    4. sebagian atau seluruh Data tidak benar, tidak lengkap, palsu, fiktif dan/atau menyesatkan;

    5. alamat email atau telepon yang Anda cantumkan atau gunakan untuk penggunaan Aplikasi atau Layanan atau untuk melakukan Transaksi telah terblokir;

    6. Anda belum melengkapi proses atau persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;

    7. Kami sedang melakukan pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, up-grade, penyesuaian, penggantian dan/atau tindakan lain atas Aplikasi, Layanan dan/atau Sistem (atau bagian manapun daripadanya) dan untuk itu Kami tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun; dan/atau

    8. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi.

  3. Anda dengan ini sepakat untuk mengenyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.

  4. Jika Akun atau Rekening telah berakhir atau ditutup atau jika Layanan atau Aplikasi sudah berakhir atau diakhiri oleh Kami:

    1. Jika pada saat tersebut masih terdapat sisa Poin di Akun Anda atau jika tidak terdapat Transaksi apapun yang dilakukan dalam atau melalui Akun Anda selama periode 6 (enam) bulan berturut-turut, Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahlu, memotong atau mendebet saldo dalam Akun Anda untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Kami termasuk tetapi tidak terbatas pada untuk membayar biaya administrasi penutupan Akun dalam jumlah yang akan ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu; dan

    2. Jika pengakhiran Akun, Layanan atau Aplikasi disebabkan karena pelanggaran yang Anda lakukan atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan, maka sisa saldo pada Akun seluruhnya akan menjadi hak Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia) dan Anda setuju dan mengikatkan untuk tidak meminta pengembalian, pembayaran, penggantian dan/atau kompensasi dalam bentuk apapun kepada Kami (PT Rpay Finansial Digital Indonesia).

  5. Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.

Hukum Yang Berlaku dan Penyelesaian Perselisihan
  1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

  2. Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

    1. Penyelesaian perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah dalam waktu 20 hari kerja dan dalam kondisi tertentu penyelesaian perselisihan dapat diperpanjang hingga paling lama 20 (dua puluh) hari kerja berikutnya sesuai PBI No. 16/1/PBI/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran (untuk selanjutnya disebut sebagai PBI No. 16/1/PBI/2014) Perpanjangan waktu penyelesaian perselisihan diberitahukan secara tertulis kepada Pengguna, yaitu dapat melalui sarana email, surat ataupun pesan singkat (short message service/sms).

    2. Apabila penyelesaian perselisihan tidak mencapai mufakat, maka Pengguna dapat melanjutkan proses penyelesaian perselisihan melalui layanan mediasi Bank Indonesia dengan menghubungi call center: 1-500-131 atau e-mail [email protected], dengan syarat dan ketentuan penyelesaian perselisihan sebagai berikut:

      -Pengguna telah menyampaikan pengaduan kepada PT Rpay Finansial Digital Indonesia dan telah ditindaklanjuti.

      -Tidak terdapat kesepakatan antara Pengguna dengan PT Rpay Finansial Digital Indonesia.

      -Merupakan masalah perdata yang tidak sedang dalam proses atau belum ada keputusan oleh Lembaga mediasi arbitrase atau pengadilan.

      -Pengguna mengalami kerugian finansial dengan nilai sengketa maksimal Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).

Ketentuan Lainnya
  1. Untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Transaksi, Layanan dan/atau Akun, Anda dapat meminta bantuan pada atau dari Customer Care Kami melalui telepon ke (021) 50858608 atau surat elektronik ke alamat [email protected] dengan wajib menyertakan bukti pendukung yang dapat Kami terima untuk penyampaian pengaduan tertulis tersebut.

  2. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun.

  3. Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.